• UGM
  • Pusat IT
Universitas Gadjah Mada Departemen Teknologi Hasil Hutan
Fakultas Kehutanan
Universitas Gadjah Mada
  • Tentang Departemen THH
    • Struktur Organisasi
    • Dosen
    • Tenaga Kependidikan
    • Laboratorium
    • Visi dan Misi
  • Pendidikan
    • Mata Kuliah
    • Buku Panduan Akademik
    • Praktik Industri Hasil Hutan
    • Prosedur Skripsi
    • Judul Skripsi
    • Prosedur Penggunaan Laboratorium
  • Penelitian
    • Publikasi
  • Pengabdian dan Kerjasama
  • Home

Prosedur Perijinan Kegiatan Penelitian Tugas Akhir Mahasiswa di Laboratorium

  • 29 June 2020, 01.04
  • By :

1. Mahasiswa mendaftar dan melengkapi informasi di form/persyaratan secara daring di sekretariat Dept. THH (ibu Tri Rusminingsih). Link :

ugm.id/pendaftaranizinlab
http://ugm.id/pendaftaranizinlabmekanika
http://ugm.id/pendaftaranizinlabpengolahankayu

2. Periode ijin adalah berdasarkan mingguan atau maksimum 5 hari kerja dan bisa diperpanjang melalui pendaftaran ulang. Penerimaan mahasiwa di lab memperhatikan kuota dan aspek pemerataan.

3. Pendaftaran dilaksanakan tiap hari Senin-Rabu untuk ijin masuk lab di minggu berikutnya.

4. Pengisian form daring atau persyaratan yang tidak lengkap, maka tidak akan diproses lebih lanjut

5. Balasan dari sekretariat untuk kepastian ijin pelaksanaan adalah di hari Jumat di minggu yang sama saat pendaftaran.

6. Mahasiswa mengambil surat ijin dan name tag di sekretariat sebagai syarat masuk lab dengan memperlihatkan bukti jawaban penerimaan ijin masuk lab.

7. Mengembalikan name tag di sekretariat setelah selesai kegiatan.

8. Mahasiswa yang telah mendaftar wajib memenuhi semua protokol kesehatan kegiatan penelitian tugas akhir mahasiswa di laboratorium di Dept. THH.

 

Protokol Kesehatan Kegiatan Penelitian Tugas Akhir Mahasiswa Di Laboratorium

  1. Mahasiswa mengurus perijinan dengan mendaftar secara daring untuk melaksanakan aktivitas di laboratorium
  2. Melampirkan Surat Keterangan Kembali ke Yogyakarta dan atau Aktif Mengikuti Kegiatan Akademik saat mendaftar bagi mahasiswa yang baru datang dari luar DIY. Bagi yang menetap di Yogya tetap melampirkan surat keterangan sehat bebas Covid19 dari GMC atau lainnya.
  3. Tidak terindikasi ODP dan PDP.
  4. Memakai name tag yang disediakan Departemen saat memasuki laboratorium. Bagi mahasiswa yang diijinkan di 2 lab untuk periode yang sama, name tag hanya diberikan 1 saja untuk lab yang dituju dan bisa ditukarkan name tag untuk lab lainnya di sekretariat.
  5. Memakai masker dan face shield selama berada dan beraktivitas di laboratorium.
  6. Untuk yang berambut panjang wajib menguncir rambut ke belakang.
  7. Mengukur suhu badan (suhu badan tidak lebih dari 37,5 ºC). Melaporkan secara jujur kondisi kesehatan, jika kondisi tidak fit tidak diijinkan ke laboratorium.
  8. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau handsanitizer yang disediakan sebelum menyentuh alat/bahan/barang-barang yang ada di laboratorium.
  9. Mengisi logbook (absensi kehadiran dan pulang dari laboratorium).
  10. Memakai jas laboratorium yang bersih (jas lab pribadi), sarung tangan, dan sepatu dan  yang sudah dipastikan kebersihannya dengan cara disemprot desinfektan jika memungkinkan.
  11. Selama di laboratorium wajib menjaga jarak dengan yang lain minimal 2 meter, dilarang berkerumun dan bersentuhan.
  12. Wajib menjaga kebersihan dan sterilisasi laboratorium dengan menyemprot dan melap meja laboratorium dengan desinfektan yang disediakan sebelum dan setelah selesai aktivitas.
  13. Tidak menggunakan perhiasan atau aksesoris dari logam atau besi
  14. Dilarang meminjam barang dan memakai perlengkapan pribadi orang lain (alat tulis, makan, dll).
  15. Membawa perlengkapan ibadah masing-masing dan tidak boleh meminjam perlengkapan ibadah orang lain.
  16. Jika bersih/ batuk lakukan sesuai etika yang benar dengan menutup menggunakan siku.
  17. Mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer saat selesai melakukan aktivitas di laboratorium.
  18. Dilarang membawa teman/pengiring yang tidak mengurus ijin masuk lab untuk membantu penelitian.
  19. Jika melanggar ketentuan protokol kesehatan lab maka ijin penggunaan lab akan ditarik dan diberi sanksi sesuai ketentuan yang berlaku.

Jumlah Maksimum Mahasiswa di Laboratorium Dept. THH

1. Lab. Sifat Dasar Kayu

Ruang pengujian mekanika kayu dengan UTM :  2 mahasiswa

 

2. Lab. Pengolahan Kayu

a. Bengkel pengolahan kayu basement : 6 mahasiswa

b. Bengkel pengolahan kayu Lab. Klebengan :

– Ruangan distilasi HHNK : 2 mahasiswa

– Ruangan pengolahan pulp : 2 mahasiswa

– Ruangan penggergajian, komposit, dan pengawetan : 9 mahasiswa

 

3. Lab. Rekayasa Biomaterial

a. Sub Lab. Pengeringan & Pengawetan (2 ruangan) : 8 mahasiswa

b. Sub Lab. Perekatan-komposit : 8 mahasiswa

 

4. Lab. Konversi Kimia Biomaterial

a. Sub Lab HHNK : 6 mahasiswa

b. Sub Lab Pulp : 4 mahasiswa

c. Sub Lab Energi Biomassa : 5 mahasiswa

d. Sub Lab Kimia Kayu : 6 mahasiswa

 

5. Lab. Pembentukan dan Peningkatan Kualitas Kayu

a. Sub Lab. Anatomi & Identifikasi Kayu : 8 mahasiswa

b. Sub Lab. Fisika – Mekanika Kayu (Lt 1) : 4 mahasiswa

b. Sub Lab. Fisika – Mekanika Kayu (R. 203B): 2 mahasiswa

Post Views: 292

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Related Posts

Pengajuan Pra Proposal Skripsi Periode Mei 2025

Pengumuman Wednesday, 19 March 2025

Pengajuan usulan pra proposal skripsi periode Mei 2025 dibuka sampai dengan 18 Mei 2025. Tautan pendaftaran : ugm.id/THHSKRIPSI2020 Post Views: 82.

Pendaftaran PIHH Semester Gasal TA 2025/2026

Pengumuman Wednesday, 19 March 2025

Pendaftaran Praktik Industri Hasil Hutan Semester Gasal TA 2025/2026 dengan rencana pemberangkatan Juli – Agustuts 2025 (Tentatif). Periode pendaftaran 17 Maret – 8 April 2025. Tautan pendaftaran : https://bit.ly/PIHHGasal25-26 Post Views: 113.

Pelatihan Online Laboratorium Rekayasa Biomaterial UGM untuk PT. Inhutani I: Optimalkan Perencanaan dan Manajemen Industri Hasil Hutan

Berita Wednesday, 26 February 2025

Yogyakarta, 10 Februari 2025 – Laboratorium Rekayasa Biomaterial, Departemen Teknologi Hasil Hutan, Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar pelatihan peningkatan kompetensi industri bagi PT. Inhutani I. Kegiatan ini berlangsung secara daring melalui platform Zoom […].

Rekrutmen Co-Ass Praktikum Pengolahan Sekunder Kayu & Hasil Hutan Non Kayu

Pengumuman Thursday, 23 January 2025

Dibutuhkan Co-Ass Praktikum Pengolahan Sekunder Kayu & Hasil Hutan Non Kayu Semester Genap TA 2024/2025. Adapun persyaratannya yaitu mahasiswa telah mengambil mata kuliah dan praktikum PSK & HHNK dengan nilai minimal A.

Berita Terakhir

  • Pengajuan Pra Proposal Skripsi Periode Mei 2025
    March 19, 2025
  • Pendaftaran PIHH Semester Gasal TA 2025/2026
    March 19, 2025
  • Pelatihan Online Laboratorium Rekayasa Biomaterial UGM untuk PT. Inhutani I: Optimalkan Perencanaan dan Manajemen Industri Hasil Hutan
    February 26, 2025
  • Rekrutmen Co-Ass Praktikum Pengolahan Sekunder Kayu & Hasil Hutan Non Kayu
    January 23, 2025
  • Perpanjangan Pendaftaran PI-HH
    December 9, 2024

Recent News

  • Pengajuan Pra Proposal Skripsi Periode Mei 2025
    March 19, 2025
  • Pendaftaran PIHH Semester Gasal TA 2025/2026
    March 19, 2025
  • Pelatihan Online Laboratorium Rekayasa Biomaterial UGM untuk PT. Inhutani I: Optimalkan Perencanaan dan Manajemen Industri Hasil Hutan
    February 26, 2025
  • Rekrutmen Co-Ass Praktikum Pengolahan Sekunder Kayu & Hasil Hutan Non Kayu
    January 23, 2025
  • Perpanjangan Pendaftaran PI-HH
    December 9, 2024
Free counters!
Universitas Gadjah Mada
Departemen Teknologi Hasil Hutan
Fakultas Kehutanan
Universitas Gadjah Mada
    Jl. Agro No. 1 Bulaksumur, Sleman 55281
   fkt@ugm.ac.id
   dept-thh.fkt@ugm.ac.id
   (0274) 512102, 6491420
   (0274) 550541

© Universitas Gadjah Mada