Program Pasca Sarjana

Program Master (S-2)

 Beban studi minimal mahasiswa minat THH sebesar 41 sks untuk mencapai program Master. Rinciannya adalah mata kuliah wajib (26 sks), dan mata kuliah pilihan/minat (minimum 16 sks).  Mata kuliah wajib meliputi 8 mata kuliah (16 sks), dan tesis (10 sks). Daftar mata kuliah minat/pilihan dari DTHH dapat dilihat pada Tabel 1.

 

Tabel 1. Daftar Matakuliah Pilihan dari Departemen Teknologi Hasil Hutan untuk S-2

No.

Matakuliah

SKS

1

Tegangan Pertumbuhan pohon

2

2

Rekayasa Produk Getah dan Ekstraktif

2

3

Konversi Biomassa untuk Produk Energi dan Kimia

2

4

Sifat Ekstraktif Kayu

2

5

Variabilitas Sifat-sifat Kayu

2

6

Biomassa untuk Energi Terbarukan

2

7

Teknologi Minyak dan Lemak Tumbuhan

2

8

Teknologi Pulp dan Kertas Lanjut

2

9

Pembentukan dan Karakteristik Kayu Reaksi

2

10

Mikroteknik Kayu

2

11

Rekayasa Penanganan Limbah Kehutanan

2

12

Kimia Kayu Pejal

2

13

Teknologi Pengeringan Kayu Tropis

2

14 Material Komposit 2
15 Teknologi Biokomposit Binderless 2
16 Pemesinan Kayu 2
17 Modifikasi Kayu 2

18

Karbonisasi Kayu Untuk Bahan Rekayasa

2

 

 

  Workshop dengan kuliah umum oleh Prof. Suichi Kawai dari RISH Kyoto University

 

KTT 665 - Variabilitas Sifat-Sifat Kayu (2 sks)

Mata kuliah ini membahas tentang fenomena-fenomena variabilitas sifat-sifat kayu serta penyebabnya, pengaruh lingkungan, kecepatan pertumbuhan, perlakuan silvikultur, serta pengaruh genetiknya, pengaruh variabilitas pohon/sifat-sifat kayu terhadap penggunaan kayu sebagai bahan konstruksi dan atau bahan baku pulp dan kertas.

 

KTT 601 - Kimiawi Kayu Pejal (2 sks)

Pengampu: Dr. Ganis Lukmandaru/Dr. Ragil Widyorini

Mata kuliah ini membahas tentang aspek kimiawi kayu pada : kekuatan kayu, modifikasi kimia kayu, pengawetan kayu, penahanan terhadap api, pencuacaan kayu, pirolisis kayu, modifikasiproduk kayu-komposit vinil, perekatan kayu, perekatan non-konvensional, dan kimiawi biodegradasi kayu.

 

KTT 654 - Sifat Ekstraktif Kayu (2 sks)

Pengampu : Dr. Ganis Lukmandaru

Mata kuliah ini membahas tentang ekstraktif dalam kayu serta variasinya, sumber- sumber ekstraktif, keterkaitan ekstraktif dengan : sifat fisik kayu, pengolahan kayu, keawetan kayu, perekatan kayu, pengeringan kayu, teknologi pulp dan kertas, kemotaksonomi.

 

KTT 656 - Teknologi Pulp dan Kertas Lanjut (2 sks)

Pengampu : Dr. Ganis Lukmandaru/ Denny Irawati, Ph.D./Prof. Dr. Sri Nugroho Marsoem

Mata kuliah ini membahas tentang evaluasi bahan baku pulp, korelasi sifat dasar dan produk kertas, pemuliaan bahan baku untuk pulp, reaksi-reaksi dalam proses pulping dan pemutihan, biopulping, bioteknologi dalam industri pulp-kertas.

 

KTT 672 - Teknologi Minyak dan Lemak Tumbuhan (2 sks)

Pengampu: Rini Pujiarti, Ph.D/ Dr. Sigit Sunarta

Mata kuliah ini membahas tentang sumber dan karakteristik bahan penghasil minyak atsiri dan minyak lemak dari tanaman kehutanan, macam-macam proses pengolahan, kimia minyak dan lemak, analisis sifat fisiko-kimia, aktivitas biologis minyak dan lemak, pengaruh penyimpanan dan perubahan kimia yang terjadi selama penyimpanan, dan kegunaan minyak atsiri dan lemak tumbuhan.

 

KTT 662 - Rekayasa Produk Getah dan Ekstraktif (2 sks)

Pengampu: Dr. Ganis Lukmandaru/Rini Pujiarti, Ph.D.

Mata kuliah ini membahas tentang biosintesis metabolit sekunder, klasifikasi getah, kimiawi getah resin, kimiawi getah gom, pengolahan getah resin, pengolahan getah gom, ethnobotani resin, tanin dan pewarna alam.

 

KTT 674 - Rekayasa Penanganan Limbah Kehutanan Indonesia (2 sks)

Pengampu: Dr. J.P. Gentur Sutapa/Dr. Ragil Widyorini

Mata kuliah ini membahas tentang dasar-dasar penanganan limbah, upaya reduksi limbah dari hutan sampai industri, potensi limbah di hutan, potensi limbah industri kehutanan, konsep recycling dalam industri perkayuan, perancangan penanganan limbah pada industri kehutanan terpadu, pemahaman konsep LCA pada industri kehutanan.

 

KTT 670 - Konversi Biomasa Untuk Energi dan Produk Kimia (2 sks)

Pengampu :  Denny Irawati, Ph.D/ Dr. Joko Sulistyo

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian dan ruang lingkup biomasa, pengertian dan ruang lingkup konversi biomasa, produk-produk konversi biomasa, bahan bakar, produk kimia, teknologi bio-konversi biomasa, teknologi konversi kimia biomasa, teknologi konversi panas biomasa, pengaruh konversi biomasa terhadap lingkungan.

 

KTT 663 - Karbonisasi Kayu untuk Material Rekayasa (2 sks)

Pengampu: Dr. Joko Sulistyo

Mata kuliah ini membahas tentang material karbon fungsional, aspek kimia dan fisika, struktur struktur kimia dan makroskopis arang kayu, struktur-mikro dan struktur pori-pori dalam dinding sel arang kayu, serta metode analisis dan karakterisasi material arang kayu, hubungan struktur-mikro dan struktur pori-pori, rekayasa dan sifat bahan hasil rekayasa dari arang kayu.

 

KTT 681- Pemesinan Kayu Tropis (2 sks)

Pengampu: Dr. Ir. Yustinus Suranto/ Dr. Tomy Listyanto

Mata kuliah ini membahas tentang pemesinan kayu tropis dalam industri kayu solid, hubungan sifat dasar kayu dengan kualitas pemesinan kayu, analisis proses pemesinan kayu pada pemotongan ortogonal, analisis proses pemesinan kayu pada pemotongan periferal, operasi pemesinan kayu berorientasi kerja kayu: penyerutan, pembentukan, pembubutan, perautan, pemboran, pengampelasan, arah pengelolaan hutan produksi berbasis pemesinan kayu.

 

KTT 612 - Modifikasi Kayu (2 sks)

Pengampu: Dr. Muhammad Navis Rofii/Dr. Tomy Listyanto/Dr. Ragil Widyorini

Mata kuliah ini membahas tentang macam-macam modifikasi kayu, proses modifikasi, faktor-faktor yang berpengaruh, modifikasi dengan bahan kimia, modifikasi perlakuan panas, modifikasi permukaan, modifikasi impregnasi dengan resin, dampak modifikasi kayu

 

Pengambilan sampel kayu  Jati Plus Perhutani (JPP) di KPH Pemalang

 

KTT 680 - Material Komposit (2 sks)

Pengampu : Prof. Dr. T.A.Prayitno/ Dr. M.Navis Rofii

            Mata kuliah ini membahas tentang teori umum perekatan, faktor-faktor yang mempengaruhi bahan direkat (porositas, kadar air, wetabilitas, sifat permukaan, ekstraktif, berat jenis), modifikasi serat, sifat komposit biopolimer, polimer alam, daur ulang komposit biopolimer, faktor-faktor yang berpengaruh pada perekatan kayu.

 

KTT 602 -Teknologi komposit binderless (2 sks)

Pengampu: Dr. Ragil Widyorini/Dr. M.Navis Rofii

            Mata kuliah ini membahas tentang teori umum perekatan, karakteristik bahan lignoselulosa,  teknologi binderless, proses pembuatan komposit binderless, mekanisme self-bonding, proses degradasi komponen kimia kayu (lignin, hemiselulosa, selulosa) dan analisis kimianya, proses welding joint dan mekanismenya, faktor-faktor yang berpengaruh pada kekuatan komposit binderless.

 

Ujian tesis (program S2)

 

Program Doktor (S-3)

Beban studi minimal mahasiswa minat THH sebesar 43 sks untuk mencapai program Doktor. Rinciannya adalah mata kuliah wajib (37 sks), dan mata kuliah pilihan (6 sks).  Mata kuliah wajib meliputi 2 mata kuliah (4 sks), problema khusus (2 sks), seminar (1 sks) dan disertasi (30 sks). Daftar mata kuliah pilihan/minat dari DTHH dapat dilihat pada Tabel 2.

 

Tabel 2. Daftar Matakuliah Pilihan dari Departemen Teknologi Hasil Hutan untuk S-3

No.

Matakuliah

SKS

1

Forensik Serat Kayu

2

2

Struktur Kayu dan Lingkungan

2

3

Ultrastruktur Kayu Tropis

2

4 Aspek Fundamental Pengeringan Kayu Tropis 2
5 Ilmu dan Teknologi Pengawetan Kayu Ramah Lingkungan 2

6

Hubungan Kayu dan Resin

2

7 Kimia Perekat Kayu dan Aplikasinya 2
8 Ilmu dan Rekayasa Biomaterial 2
9 Teknologi Praperlakuan Lignoselulosa
2
10 Bioaktivitas Minyak Atsiri 2
11 Ekstraktif dan Warna Kayu 2

 

      

Ekstraksi daun dan penentuan kadar pentosan kayu

 

KTT 810 - Ultrastruktur Kayu Tropis (2 sks)

Pengampu : Dr. Widyanto Dwi Nugroho/Prof. Soenardi Prawirohatmodjo

Mata kuliah ini membahas tentang struktur kayu yang diamati dengan lebih mendetail dengan menggunakan metode dan alat yang yang mampu mengamati ultrastruktur kayu. Dalam mata kuliah ini akan dikaji antara lain teknik mikroskopis kayu, metode pengamatan dengan transmission electron microscope, scanning electron microscope, confocal laser scanning microscope  dan  fluorenscence microscope. Struktur kayu dan perubahan-perubahan struktur kayu karena pengaruh lingkungan maupun pengolahan kayu akan dikaji dengan pengamatan ultrastrutur sel-sel kayunya.

 

KTT 802 - Forensik Serat Kayu (2 sks)

Pengampu:  Dr. Ir. Sri Nugroho Marsoem/Fanny Hidayati, Ph.D

Mata kuliah ini membahas tentang struktur kayu, deskripsi kayu daun-lebar, diskripsi kayu jarum, identifikasi species kayu pada produk kayu, serat tanaman bukan-kayu, serat bukan-tanaman, serat rumput-rumputan, serat kulit pohon, serat dedaunan, serat buah-buahan, diskripsi serat tanaman bukan-kayu, diskripsi serat bukan-tanaman.

 

KTT 806 - Struktur Kayu dan Lingkungan (2 sks)

Pengampu :  Dr. Widyanto Dwi Nugroho  

Mata kuliah ini membahas tentang respon kayu terhadap perubahan lingkungan, pertumbuhan dan struktur kayu, hubungan antara iklim dengan sistem pembentukan kayu, pengaruh faktor genetis ekologis pada  struktur kayu, dan modifikasi struktur kayu karena pengaruh penuaan, kondisi ekstrim tapak, gravitropisme, serta serangan agen perusak kayu. Pembahasan konsep respon kayu terhadap perubahan lingkungan ini akan dilengkapi dengan pengetahuan tentang penyiapan sampel kayu untuk analisis mikroskopisnya.

 

KTT 811 - Ekstraktif dan Warna Kayu (2 sks)

Pengampu: Dr. Ganis Lukmandaru

Mata kuliah ini membahas tentang metode pengukuran warna kayu, mekanisme pembentukan di teras kayu, struktur kimia pigmen dan zat fenolat kayu, pengaruh ekstraktif terhadap warna kayu, perubahan warna kayu beserta reaksinya, dan kayu sebagai bahan pewarna (dyes).

 

KTT 804 - Teknologi Pra Perlakuan Bahan Lignoselulosa (2 sks)

Pengampu: Denny Irawati, Ph.D

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian struktur, komposisi kimia, aksesibilitas, dan pengaruh pra perlakuan terhadap materi lignoselulosa, mekanisme proses pra perlakuan, pra perlakuan biologi, pra perlakuan panas dengan uap panas, microwave, air panas, pra perlakuan kimia, pra perlakuan organosolv, cairan ionik, karakteristik kimia dan struktur materi lignoselulosa setelah pra perlakuan.

 

KTT 805 - Bioaktivitas Minyak Atsiri (2 sks)  

Pengampu: Rini Pujiarti, Ph.D./Dr. Sigit Sunarta

Mata kuliah ini membahas tentang sejarah dan perkembangan minyak atsiri, biosintesis minyak atsiri, pengujian kimia minyak atsiri (GC-MS analisis), komposisi kimia minyak atsiri, pengertian dan bioaktivitas minyak atsiri (antioksidan, anti jamur, anti serangga, anti inflamasi, anti mikroba, dan aromaterapi), analisis bioaktivitas minyak atsiri tanaman kehutanan.

 

KTT 801 - Hubungan Kayu dan Resin (2 sks)

Pengampu: Prof. TA. Prayitno, Ph.D./Dr. M. Navis Rofii

Mata kuliah ini membahas tentang teori perekatan kayu dan proses-proses perekatan kayu, faktor-faktor penentu kualitas perekatan kayu. Fokus pembahasan lanjut pada hubungan kayu dengan resin baik resin alami yang berasal dari dalam pohon itu sendiri dan resin yang ditambahkan untuk mengikat permukaan kayu. Pembahasan detail dibagi kedalam resin yang berasal dari pohon yang berfungsi sebagai perlindungan diri sekaligus sebagai perekat alami serta berbagai resin yang ditambahkan untuk mengikat permukaan kayu atau elemen kayu agar menjadi satu.

 

KTT 803 - Ilmu dan Rekayasa Biomaterial (2 sks) 

Pengampu: Dr. Joko Sulistyo/Dr. Ragil Widyorini

Mata kuliah ini membahas tentang kayu sebagai bio-material, ultra struktur dan struktur dinding sel kayu, kandungan air dan ketidakstabilan dimensi, rekayasa kayu atau modifikasi,  plasticizing dan bending kayu, modifikasi kimia dengan perlakuan resin (impregnasi dan compregnasi), perlakuan atau modifikasi panas, komposit polimer kayu (wood -polymer composites), perekatan kayu memanfaatkan komponen kimia dalam kayu serta selulosa nano-composite,  rekayasa sifat dan funsional biomaterial melalui teknologi pirolisis.

 

KTT 807 - Kimia Perekat Kayu dan Aplikasinya (2 sks)

Pengampu : Dr. Ragil Widyorini/Dr. Ganis Lukmandaru

Mata kuliah ini membahas tentang diskusi mengenai teori umum perekatan, perekat termoseting, perekat thermoplastik, perekat alami, perekat berbasis lignin, perekat berbasis pati,  perekat berbasis kedelai, modifikasi dan mekanisme kimia, proses degradasi komponen kimia kayu (lignin, hemiselulosa, selulosa), metode analisis reaksi perekatan, mekanisme reaksi perekatan, faktor-faktor yang berpengaruh pada mekanisme perekatan.

 

KTT 808 - Aspek Fundamental Pengeringan Kayu Tropis (2 sks)

Pengampu : Tomy Listyanto, PhD  

Mata kuliah ini membahas tentang ilmu dan teknologi pengeringan kayu  tropis yang meliputi karakteristik kayu tropis, sifat dasar kayu yang berhubungan dengan proses  pengeringan, prinsip fundamental pengeringan kayu, desain pembuatan oven, penyusunan skedul pengeringan kayu daun lebar dan kayu daun jarum, tegangan di dalam kayu selama pengeringan, pengembangan skedul pengeringan, proses pengeringan modern, penelitian pengeringan kayu dan praktek pengeringan kayu di industri pengolahan kayu.

 

 

                              Ujian disertasi (program S3)