Skripsi/Tesis/Disertasi

Tugas akhir berupa skripsi/tesis/disertasi adalah karangan ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa sebagai persyaratan akhir pendidikan akademiknya. Tujuan tugas akhir adalah melatih mahasiswa dengan bimbingan dosen pembimbing untuk melakukan penelitin secara utuh, mulai dari mengenal dan merumuskan masalah, merumuskan tujuan penelitian dan hipotesis, merancang cara (metodologi) pengumpulan & analisis data, menulis laporan peneliti dan mempertanggungjawabkan (presentasi) hasilnya secara akademik.

Tugas akhir dapat diambil mahasiswa dengan syarat telah memenuhi. Unsur-unsur yang diperlukan untuk melakukan tugas akhir telah dipelajari sejak semester satu, baik dalam kuliah dan praktikum. Oleh karena itu, mahasiswa sudah dapat mempersiapkan judul atau topik tugas akhir sedini mungkin untuk mempersingkat masa studi.

Topik tugas akhir yang diambil mahasiswa sebaiknya mencerminkan bidang yang diminati dan dengan dukungan yang memadai dari matakuliah-matakuliah yang sejalan. Penunjukan pembimbing  dipilih sesuai dengan tema tugas akhir dan ditetapkan oleh Komisi Skripsi/Tesis/Disertasi di tingkat departemen.

 

Presentasi penelitian di depan komisi skripsi

 

Diskusi proposal di level laboratorium

 

Ujian pendadaran adalah evaluasi hasil penulisan tugas mahasiswa yang penyelenggaraannya diatur Fakultas dengan syarat tertentu.  Tim penguji ujian pendadaran ditentukan oleh Dekan atau Wakil Dekan Bidang Akademik dan Penjaminan Mutu, atas usulan Ketua Departemen dan Komisi Skripsi/Tesis/Disertasi.

Penilaian ujian pendadaran mencakup dua hal:

i. Penilaian terhadap naskah yang mencakup materi, metodologi, tujuan peneliti, perumusan hipotesis, pembahasan, sistematika penulisan, bahasa dan format penulisan.

ii. Penilaian terhadap pertanggungjawaban hasil penelitian meliputi penguasaan materi, metodologi, argumentasi, penyajian dan penampilan.

 

Publikasi/karya ilmiah yang menggunakan data tugas akhir dapat dilakukan dengan ijin dari fakultas. Publikasi oleh mahasiswa dan dosen harus dilakukan dengan mencantumkan nama mahasiswa serta seluruh DosenPembimbing.

 

Ujian pendadaran S1