Tridharma Perguruan Tinggi

Pelayanan di bidang pendidikan dilaksanakan dari program diploma, S-1, S-2, maupun S-3 mencakup kegiatan kuliah, praktikum maupun penelitian untuk tugas akhir. Dari bidang penelitian, aktivitas dilakukan oleh laboratorium-laboratorium yang relevan, baik oleh staf pendidik maupun mahasiswa. Selama ini hasil-hasilnya telah didiseminasikan melalui jurnal-jurnal ilmiah terkait, seminar secara rutin dalam skala nasional (Seminar Nasional Masyarakat Peneliti Kayu Indonesia) sampai internasional (International Symposium of Indonesia Wood Research Society) maupun forum-forum ilmiah nasional/internasional lainnya.

 

Pengukuran tegangan tumbuh pada kayu jati hutan rakyat Gunung Kidul

 

Tidak hanya berpartisipasi, DTHH juga pernah menjadi pelaksana/tuan rumah forum ilmiah nasional maupun internasional. Beberapa seminar diantaranya adalah di tahun 2002, yaitu 5th Pacific Region Wood Anatomy Conference, serta di tahun 2011 yaitu International Symposium of 3rd Indonesia Research Wood Society. Hal tersebut tidak terlepas dari keikutsertaan staf pendidik pada berbagai organisasi profesi peneliti kayu/kehutanan dalam skala nasional (PERSAKI, MAPEKI) dan internasional (IAWA, JWRS, TAPPI dll).

 

Penyelenggaraan The 3rd International Symposium of Indonesian Wood Research Society (2011) di Jogjakarta oleh Departemen THH bekerjasama dengan Masyarakat Peneliti Kayu Indonesia (MAPEKI)

 

 Pengabdian kepada masyarakat dilakukan secara rutin melalui skema RKAT fakultas maupun skema lainnya untuk penerapan ilmu kayu maupun teknologinya yang selama ini dikembangkan di kampus. Umumnya, kegiatan pengabdian dilakukan di Yogyakarta dan Jawa Tengah untuk industri perkayuan kecil-menengah. Pelayanan pengujian hasil hutan juga dilaksanakan untuk sivitas akademika, masyarakat umum, maupun perusahaan/institusi yang terkait. Sampai saat ini, evaluasi secara terus menerus dilakukan untuk perbaikan mutu pembelajaran, penelitian maupun pelayanan.

 

Pelatihan untuk pelaku industri perkayuan kecil-menengah