Gambaran Umum

Departemen Teknologi Hasil Hutan (DTHH) merupakan salah satu unit kerja di lingkungan Fakultas Kehutanan UGM sejak berdirinya di tahun 1963. DTHH berusaha berkontribusi nyata terhadap kelestarian pengelolaan hutan tropis, antara lain: melakukan sosialisasi teknologi efisiensi bahan baku kayu, peningkatan kualitas produk kayu, inovasi produk kayu dengan teknologi pengolahan berwawasan lingkungan, serta penyediaan lulusan yang mempunyai kompetensi tinggi dalam penyelesaian masalah teknologi dan industri hasil hutan saat ini.

 

  

Kegiatan pengajaran/diskusi di kelas dan praktikum di lab

 

Lahirnya DepartemenTeknologi Hasil Hutan (DTHH) diawali dengan dibukanya studi Teknologi Kehutanan pada Fakultas Pertanian pada Tahun Akademik 1951/1952. Selanjutnya,  melalui Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) tanggal 24 Agustus 1963 terpisah menjadi bagian dari Fakultas Kehutanan. Ketua Departemen yang pertama adalah Prof. Soenardi Prawirohatmodjo. Secara resmi menjadi Program Studi Teknologi Hasil Hutan dimulai pada tanggal 8 Desember 1983, sesuai dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0553/O/1983. Selanjutnya menurut SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 221/DIKTI/Kep/1996 tanggal 11 Juli 1996 tentang Program Sarjana di lingkungan UGM, Fakultas Kehutanan mempunyai empat Program Studi Strata-1 yang dikelola masing-masing bagian, salah satunya adalah Program Studi Teknologi Hasil Hutan (PS THH) yang dikelola DTHH. Dalam masa tersebut, daya tampung mahasiswa PS THH sekitar 40 mahasiswa per tahunnya. Pada tahun 2010, terjadi penyatuan program studi (SK Rektor UGM nomor: 89/P/SK/HT/2010) yaitu menjadi Program Studi Kehutanan sehingga PS THH menjadi suatu Minat Studi Teknologi Hasil Hutan (MS THH). Status akreditasi terakhir untuk penyatuan prodi tersebut adalah A untuk program sarjana (2014) , pascasarjana master/S-2 (2015), dan doktoral/S-3 (2017) dari Badan Akreditasi Nasional serta sertifikasi dari ASEAN University Network (AUN) di 2016.

 

Mahasiswa melakukan pengamatan di industri pengolahan kayu

 

Pengurus DTHH terdiri dari Ketua Departemen yang didampingi oleh Sekretaris Departemen yang dipilih setiap 5 tahun sekali. Di bawah pengurus DTHH, terdapat ketua laboratorium beserta anggota-anggotanya yang terdiri dari staf pendidik dan kependidikan (laboran). DTHH memiliki 19 staf pendidik, yang terdiri dari 18 dosen tetap dan 1 dosen honorer/magang, dengan klasifikasi tingkat pendidikan sebagai berikut: 16 staf pendidik berpendidikan S-3 dengan 3 diantaranya bergelar guru besar, 3 staf berpendidikan S-2. Selain itu, terdapat tenaga kependidikan berjumlah 8 orang yang tersebar dalam 6 laboratorium.

 

Pengurus Departemen:

Ketua              : Ganis Lukmandaru

Sekretaris      :  Denny Irawati

Alamat :

Departmen Teknologi Hasil Hutan, Fakultas Kehutanan UGM

Jl. Agro No. 1, Bulaksumur, Sleman 55281

Telp.0274-512102, Fax. 0274-550541

 

Pertemuan staf departemen di sekretariat